NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

7 Perbedaan HDD dan SSD Lengkap Beserta Fungsi dan Penjelasanya

Perbedaan HDD dan SSD Lengkap Dengan Penjelasanya

Dahulu kita hanya menggunakan Harddisk biasa yang disebut HDD(Hard disk drive). Harddisk berfungsi sebagai alat penyimpanan berbagai data file dan system windows. Di era modern ini muncul hardware serupa yang memiliki fungsi yang sama yaitu Solid State Drive atau biasa disingkat sebagai SSD. Tentunya SSD mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan HDD yang bisa kita anggap sebagai penyimpanan jadul atau hardware versi lama.

Perbedaan SSD dan HDD
Perbedaan HDD dan SSD Lengkap Beserta Fungsi dan Penjelasanya

Perbedaan HDD dan SSD

Berikut beberapa perbedaan antara HDD(Hard disk drive) dan SSD(Solid State Drive)

1. Cara Kerja

Cara kerja HDD menggunaakan sistem mekanik(komponen bergerak) dan elektrik sedangkan SSD hanya menggunakan elektrik tanpa komponen bergerak. Disinggung dari segi tranfer data SSD lebih mirip hardware seperti Flashdisk, microSD dan RAM. Sedangkan Harddisk seperti cara kerja disket(FloppyDisk)

2. Kecepatan membaca dan menulis data

Untuk kecepatan membaca dan menulis data SSD delapan kali lebih cepat dengan HDD. Jika ingin kecepatan maksimal tentunya SSD adalah pilihan terbaik, tetapi harus merogoh kocek lebih banyak karena harga SSD lebih mahal dari HDD.

3. Ukuran dimensi dan bentuk fisik

Harddisk memiliki dimensi fisik yang besar dan cenderung berat, sedangkan SSD lebih kecil dan ringan. Tergantung disesuaikan kebutuhan kita harus menggunakan yang flesibel atau harus praktis. Jika ingin menghemat ruang tentunya SSD pilihan terbaik.

4. Perbedaan menurut komponen

HDD menggunakan piringan cakram yang bergerak sedangkan SSD menggunakan mikro Chip, IC dan beberapa komponen untuk menyimpan arus serta tegangan.

5. Perbedaan ruang penyimpanan

Pada HDD penyimpanan file pertama akan rapi, tetapi seiring bertambanya file akan mengakibatkan susuannya berantakan. Berbeda dengan SSD, penyimpanannya akan selalu rapi karena penyimpanannya menggunakan Chip Flash.

6. Harga HDD dan SSD

HDD(Hard disk drive) cenderung lebih murah dibandingkan dengan SSD(Solid State Drive). Perbedaanya cukup besar, sebagai perbandingan harga HDD berkapasitas 1TB setara dengan harga SSD 250gb. Sangat signifikan sekali perbedaanya.

7. Perbedaan saat penggunaan

HDD cenderung lebih berisik atau bersuara keras dibandingkan SSD yang mempunyai suara pelan. Serta SSD tidak cepat panas dan memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan HDD.

Kesimpulan :

Dari 7 perbedaan tersebut kita bisa memilih media penyimapanan yang sesuai kebutuhan kita. Jika ingin kecepatan membaca yang tinggi pilihlah SSD. Dan jika hanya untuk kebutuhan biasa gunakan HDD karena harganya tentu lebih terjangkau. Cukup sekian semoga artikel 7 perbedaan SSD dan Harddisk lengkap beserta fungsi dan penjelasanya ini bermanfaat untuk kita dalam memahami beda antara SSD dan HDD.

Related Posts

Posting Komentar