NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

Ingin Menambah RAM PC atau Laptop? Perhatikan Hal Berikut

 

menambah ram laptop
menambah ram pc

RAM merupakan hardware yang sangat penting untuk menunjang kecepatan performa PC maupun laptop. Di PC maupun laptop kita dapat menambahkan RAM berbeda dengan smartphone yang tidak dapat ditambahkan. RAM (Random Acces Memory) termasuk media penyimpana sementara yang datanya akan hilang ketika kita merestart atau mematikan perangkat. 

Tips Sebelum menambah RAM PC atau Laptop

Ingin menambah RAM? Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum menambahkan RAM.

1. Perhatikan Budget Kita

Ya, pertama yang harus kita perhatikan adalah uang untuk membeli RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi. Tentukan berapa budget kita dan sesuaikan dengan berapa besar kapasitas RAM yang dibutuhkan.

2. Periksa Ketersediaan Slot

Cek terlebih dahulu ketersediaan slot di PC maupun laptop. Untuk PC kita tinggal membuka casing akan langsung terlihat berapa jumlah slot yang tersedia. Namun untuk laptop lebih baik kita menggunakan software seperti CPU-Z agar tidak repot membongkar casingnya. Cara mengetahui slot di CPU-Z lihat pada menu SPD.

3. Perhatikan Jenis RAM

RAM memiliki jenis-jenis yang berbeda, terkadang RAM dengan jenis berbeda akan menyebabkan PC atau Laptop tidak tidak tampil/gagal booting. Perhatikan jenis dan speed RAM, untuk mengetahuinya bisa kita baca pada RAM tersebut atau dengan CPU-Z.

4. Perhatikan Garansi Untuk Laptop

Jika masih dalam masa garansi kita harus mempertimbangkan untuk menambah RAM. Karena untuk Laptop harus membongkar baut, dan disana terdapat stiker garansi.

5. Sistem Operasi 

Pada sistem operasi tertentu memiliki batas maksimal kapasitas RAM, jadi jika maksimal RAM hanya 4gb yang terbaca di sistem maksimal hanya 4gb walaupun kita menambahkan 8gb. Pada windows 10 32bit batas maksimal RAM hanya 4gb, sedangkan untuk 64bit batas maksimalnya mencapai 128gb.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menambah RAM PC maupun Laptop. Sekian semoga tips ini bisa bermanfaat dan dapan menambah pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar