NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

9 Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Berumur Panjang

Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Berumur Panjang - Di era modern saat ini hampir semua kalangan membutuhkan laptop untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti belajar dan bekerja. Disini saya akan membagikan beberapa tips agar baterai laptop menjadi awet dan tidak mudah drop. Sehingga umur baterai laptop bisa bertahan lama.

Beberapa tips agar baterai awet dan tidak cepat habis bisa dilakukan dengan mengatur baik hardware maupun software yang terdapat di laptop.

Tips Agar Baterai Laptop Awet

Berikut beberapa tips agar baterai laptop awet, tidak drop dan tidak cepat habis:

1. Gunakan fitur penghemat baterai (battery saver mode)

Fitur penghemat baterai akan menunjukan idikator tingkat kapasitas baterai. Lakukan dengan cara mengaktifkan fitur hemat daya (battery saver mode). Fitur hemat baterai dapat menurunkan kualitas performa seperti saat kita bermain game, mengedit video dan foto. Tetapi tidak akan terlalu berpengaruh untuk kegiatan ringan seperti mengetik tugas browsing atau menonton video.

2. Isi daya laptop sebelum baterai habis

Kebanyakan pengguna mengisi baterai menunggu sampai laptop mati, hal tersebut dapat mempengaruhi ketahanan baterai. Usahakan isi daya batre ketika memasuki daya 20% karena hal tersebut dapat memperpanjang umur baterai.

3. Lepas atau cabut hardware yang tidak digunakan

Lepaskan hardware apapun yang tidak digunakan seperti flashdisk, harddisk eksternal, webcam, mouse, speaker, bluetooth receiver. Karena hardware tersebut dapat menguras baterai, dengan mencabutnya maka semakin kecil daya yang dikeluarkan baterai.

4. Pastikan RAM yang digunakan cukup

RAM(Random Access Memory) yang cukup besar akan mempercepat kinerja laptop, jadi tidak butuh waktu lama untuk melakukan proses. Waktu yang lama ketika proses akan menguras baterai yang lumayan besar. 

5. Hindari suhu panas dan dingin

Hindarkan laptop dari suhu yang terlalu panas maupun dingin. Suhu yang berlebihan berdampak laptop bekerja terlalu keras dan berakibat terkurasnya baterai. Suhu yang berlebihan juga dapat memperpendek umur baterai laptop.

6. Cabut adaptor ketika baterai penuh

Banyak kasus baterai laptop menjadi drop dikarenakan salah dalam penggunaan. Salah satunya adalah selalu menghubungkan adaptor walau daya baterai sudah 100%. Presentase daya aman untuk mencabut adaptor adalah dalam kapasitas diantara 20% sampai 80%. Sebenarnya baterai tidak perlu diisi sampai penuh 100% yang paling aman adalah ketika daya mencapai 80%.

7. Ubah kecerahan layar

Kecerahan layar merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis, atur kecerahan serendah mungkin sesuai dengan kebutuhan. Di dalam mode penghematan daya dapat mengatur otomatis kecerahan pada laptop, anda dapat menggunakan cara tersebut jika dirasa lebih mudah.

8. Matikan Bluetooth atau wifi

Jika kita tidak menggunakan Bluetooth atau wifi alangkah baiknya mematikan fitur tersebut. Karena walau tidak terlalu besar mengurangi daya baterai tetapi hal tersebut bisa menjadi salah satu cara menghemat daya baterai laptop.

9. Ganti HDD menjadi SSD

Jika mempunyai budget gantilah HDD menjadi SSD. Karena keunggulan SSD adalah daya baca berkas atau data lebih cepat dibandingkan HDD.

Akhir Kata

ikutilah 9 Cara Agar Baterai Laptop Awet dan Berumur Panjang, Batre laptop tidak drop, dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Selamat mencoba, dan rasakan perbedaannya.

Related Posts

Posting Komentar