NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

ASEAN Didirikan Tanggal dan Singkatanya

Asean Didirikan Tanggal dan singkatanya

ASEAN didirikan dengan tujuan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera.

Pengertian ASEAN Lengkap Dengan Penjelasanya

Karena pada era tahun1960’an situasi diberbagai negara sedang mengalami rawan konflik. Konflik tersebut meliputi perebutan pengaruh ideologi antara negara-negara besar. Dampak yang bisa ditimbulkan sangat besar karena dapat mempengaruhi stabilitas dan pembangunan di kawasan.

Berikut ini rangkuman beberapa point penting dari ASEAN.

Kapan ASEAN didirikan?

Asean didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pertemuan tersebut dihadiri oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Pertemuan tersebut melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Apa singkatan dari ASEAN?

Singkatan dari ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations atau dalam bahasa indonesianya adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Asean merupakan kerjasama organisasi  10 negara di kawasan Asia Tenggara.

Apa tujuan didirikan ASEAN?

Dengan didirikanya Asean diharapkan dapat menciptakan poin-poin sebagai berikut:

  1. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, dengan kemajuan sosial serta suatu pengembangan kebudayaan di kawasan tersebut dengan melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan juga persahabatan untuk dapat memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa
  2. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat menciptakan Asia Tenggara yang sejahtera dan juga damai;
  3. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat meningkatkan kerjasama yang aktif dan juga saling membantu dalam masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama bagi anggota ASEAN di bidang-bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan juga administrasi;
  4. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat meningkatkan perdamaian serta juga stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan serta  tertib hukum di dalam hubungan antara negara-negara pada kawasan ini dan juga serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa;
  5. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat bekerjasama secara lebih efektif lagi guna untuk meningkatkan pemanfaatan pertanian dan juga industri mereka, memperluas perdagangan serta juga pengkajian masalah-masalah komoditi
  6. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat memelihara kerjasama yang erat dan juga berguna dengan berbagai organisasi internasional serta regional yang mempunyai tujuan serupa, dan juga untuk menjajagi segala kemungkinan untuk dapat saling bekerjasama secara erat di antara anggota ASEAN sendiri.
  7. Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat saling memberikan bantuan didalam bentuk sarana-sarana pelatihan dan juga penelitian dalam bidang-bidang profesi, teknik , pendidikan,  serta juga administrasi; internasional, dengan memperbaiki sarana-sarana pengangkutan dan juga komunikasi, serta juga meningkatkan taraf hidup rakyat Anggota ASEAN;
  8.  Dengan didirikan ASEAN diharapkan dapat memajukan pengkajian mengenai Asia Tenggara

Apa Prinsip ASEAN?

Prinsip teguh yang ASEAN adalah sebagai berikut:

  1. Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah, dan identitas nasional seluruh negara anggota ASEAN;
  2. Komitmen bersama dan tanggung jawab kolektif dalam meningkatkan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di kawasan ASEAN;
  3. Menolak agresi, ancaman, penggunaan kekuatan, atau tindakan lainnya dalam bentuk apa pun yang bertentangan dengan hukum internasional;
  4. Mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota ASEAN, dan menghormati kebebasan yang mendasar, pemajuan dan pelindungan hak asasi manusia, serta pemajuan keadilan sosial.

Apa Semboyan ASEAN?

Semboyan dari ASEAN adalah: Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat

Apa Struktur Organisasi ASEAN?

Berikut ini adalah struktur organisasi ASEAN dalam format gambar dan penjelasanya:

Struktur Organisasi ASEAN
  1. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN adalah pertemuan tingkat tinggi para kepala negara/pemerintahan negara anggota.
  2. Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council) adalah pertemuan para menteri luar negeri negara anggota ASEAN yang bertindak sebagai koordinator Dewan Masyarakat ASEAN.
  3. Dewan Masyarakat ASEAN (ASEAN Community Council) adalah pertemuan para Menteri yang membidangi tiga pilar Masyarakat ASEAN, yaitu Pilar Politik-Keamanan, Pilar Ekonomi, dan Pilar Sosial-Budaya.
  4. Pertemuan Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri (ASEAN Sectoral Ministerial Bodies) adalah pertemuan para menteri yang membidangi setiap sektor kerja sama ASEAN.
  5. Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi ASEAN (ASEAN Senior Officials’ Meeting) adalah pertemuan para pejabat tinggi di bawah tingkat menteri negara anggota ASEAN yang membidangi setiap sektor kerja sama ASEAN.
  6. Sekretariat ASEAN adalah organ ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN. Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.
  7. Komite Wakil Tetap ASEAN adalah forum para Duta Besar/Wakil Tetap negara anggota ASEAN yang diakreditasikan ke ASEAN dan berkedudukan di Jakarta, Indonesia.
  8. Sekretariat Nasional adalah pumpunan kegiatan (focal point) tingkat nasional setiap negara ASEAN yang memiliki tugas menyimpan informasi mengenai urusan ASEAN, mengoordinasikan pelaksanaan keputusan ASEAN, serta memajukan identitas dan kesadaran ASEAN.
  9. Komisi Antarpemerintah untuk HAM ASEAN (ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights/AICHR) adalah Badan HAM ASEAN yang bertugas memajukan dan melindungi HAM seluruh masyarakat di ASEAN.

Siapa Ketua ASEAN?

Ketua ASEAN dipilih setiap tahun, pemilihan ketua tersebut berdasarkan urutan abjad bahasa inggris dari seluruh negara anggota ASEAN. Keputusan tersebut diambil dari piagam ASEAN.

Tanggung jawab dari ketua asean adalah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pertemuan seperti: KTT ASEAN, Dewan Koordinasi ASEAN, Dewan Masyarakat ASEAN, dan Badan Sektoral ASEAN.

Daftar Negara Anggota ASEAN

Untuk saat ini anggota dari ASEAN berjumlah 10 negara, belum termasuk Timor Leste karena belum resmi bergabung sebagai anggota ASEAN.
Berikut ini adalah daftar 10 negara anggota ASEAN
  1. Indonesia (pendiri)
  2. Malaysia (pendiri)
  3. Thailand (pendiri)
  4. Filipina (pendiri)
  5. Singapura (pendiri)
  6. Brunei Darussalam (tahun 1984)
  7. Vietnam (tahun 1995)
  8. Laos (tahun 1997)
  9. Myanmar (tahun 1997)
  10. Kamboja (tahun 1999)

Sekretaris Jenderal ASEAN periode 2018 - 2022

Sekertariat ASEAN sampai tahun 2022 dipegang H.E. Lim Jock Hoi, dari negara Brunei Darusalam

Lambang atau Logo ASEAN

Logo ASEAN

Bendera ASEAN

Bendera ASEAN

Kesimpulan:

Sebagai warga negara yang baik mari kita selalu belajar mengenai ASEAN, karena dengan mempererat hubungan antar negara dapat mencegah konflik serta dapat bekerja sama demi kemajuan bangsa.

Sekian semoga artikel tentang ASEAN dapat membantu menambah pengetahuan kita. Silahkan kunjungi juga materi tentang pendidikan lainya di blog ini. Jika ada salah kata dan kekuranganya saya mohon maaf, terima kasih.

Sumber: http://setnas-asean.id/



Related Posts

Posting Komentar