NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

Daftar Operator seluler Indonesia tahun 2021

Operator seluler atau bisa juga disebut dengan penyedia layanan seluler adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi. 

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan telekomunikasi, masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri. Mereka berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Layanan tersebut meliputi tarif pulsa, kuota, biaya telpon, SMS dan program menarik lainya.

Daftar Operator seluler Indonesia Tahun 2021

Langsung saja inilah beberapa perusahaan layanan operator seluler yang ada di Indonesia:

PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

PT. Telekomunikasi Selular

Pada tahun 1993, PT Telkom mulai merambah teknologi nirkabel GSM, pada tahun selanjutnya, pada 1994 PT Satelit Palapa Indonesia operator jaringan GSM pertama di Indonesia yang mengeluarkan kartu SIM muncul. PT Telkomsel kemudian didirikan bersama Indosat pada tahun 1995 dan meluncurkan kartu Halo pada tanggal 26 Mei 1995 sebagai layanan paska bayar.

Operator Telekomunikasi Telkomsel.

Telkomsel telah menjadi operator seluler ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara per Mei 2011.

Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Sebagai operator seluler nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan, Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang kini dipercaya melayani lebih dari 143 juta pelanggan pada tahun 2015-2016. Dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi seluler di Indonesia memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta pengembangan jaringan Long Term Evolution.

Website Resmi Tekomsel: www.telkomsel.com

Informasi Seputar Telkomsel:

PT. Indosat (Indosat)

Indosat

Indosat Ooredoo adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan prabayar maupun pascabayar dengan merek IM3 Ooredoo, jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap termasuk sambungan langsung internasional IDD . Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan multimedia, internet dan komunikasi data .

Pada tahun 2011, Indosat Ooredoo menguasai 21% pangsa pasar. Pada tahun 2013, Indosat Ooredoo memiliki 58,5 juta pelanggan untuk telefon genggam. Pada tahun 2015 Indosat Ooredoo mengalami kenaikan jumlah pelanggan sebesar 68,5 juta pelanggan dengan presentasi naik 24,7%, dibandingkan periode tahun 2014 sebesar 54,9 juta pengguna.

Pada bulan Februari 2013 perusahaan telekomunikasi Qatar yang sebelumnya bernama Qtel dan menguasai 65 persen saham Indosat berubah nama menjadi Ooredoo dan berencana mengganti seluruh perusahaan miliknya atau di bawah kendalinya yang berada di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara dengan nama Ooredoo pada tahun 2013 atau 2014. Dua tahun kemudian, pada tanggal 19 November 2015 Indosat akhirnya mengubah identitas dan logonya dengan nama Indosat Ooredoo.

Website resmi Indosat: www.indosatooredoo.com

Informasi Seputar Indosat

PT Smartfren Telecom Tbk. (Smartfren)

Smartfren

Awalnya, Smartfren merupakan operator telekomunikasi di Indonesia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. A dan layanan CDMA EV-DO Rev. Pada 19 Agustus 2015, Smartfren meluncurkan produknya yang bernama smartfren 4G LTE-Advanced dan menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi 4G LTE Advanced . Saat ini, Smartfren hanya beroperasi dengan jaringan 4G setelah memutus jaringan CDMA-nya pada akhir 2017. Pada Juli 2019, seiring dengan beredarnya iPhone 11, Smartfren mulai menjual produk eSIM pertama di Indonesia. Pelanggan dapat mengurusnya di gerai Smartfren di beberapa tempat. Lalu, pada 5 Juni 2020 layanannya diperluas sehingga bisa digunakan HP Android. Lalu, sebagai upaya untuk menjadi operator 5G, Smartfren mengikuti lelang yang dilakukan oleh pemerintah pada akhir 2020. Pada 18 Desember 2020, pemerintah mengumumkan bahwa Smartfren adalah pemenang dari lelang frekuensi, di blok A pada frekuensi 2,3 GHz. Manajemen sendiri sudah menargetkan untuk menjadikan hasil lelang ini sebagai upayanya untuk meningkatkan pelayanan dan memperluas jaringannya. Bahkan, harapan tinggi dipatok oleh Smartfren dengan menargetkan pertumbuhan pelanggan 30%. Namun, tiba-tiba pada 25 Januari 2021, Kemenkominfo membatalkan hasil lelang ini.

Website resmi Smartfren: www.smartfren.com

Informasi Seputar Smartfren

PT. XL Axiata (XL)

XL

PT XL Axiata Tbk , atau disingkat XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta ketiga yang menyediakan layanan telepon seluler GSM di Indonesia. Pada tanggal 27 Oktober 2005, XL diakuisisi oleh Telekom Malaysia. XL memiliki tiga lini produk GSM, yaitu XL Prabayar, AXIS dan XL Prioritas

PT XL Axiata Tbk pertama kali didirikan dengan nama PT Grahametropolitan Lestari pada 6 Oktober 1989. 100% saham perusahaan ini dimiliki oleh PT Rajawali Wira Bhakti Utama . Pada Juni 1995, kemudian kepemilikan PT Rajawali Wira Bhakti Utama dialihkan kepada anak usahanya, PT Telekomindo Primabhakti sebesar 100%. Pada September 1995, PT Grahametropolitan berhasil mendapat lisensi untuk membangun jaringan GSM ketiga di Indonesia. Setelah didapatnya izin ini, PT Grahametropolitan kemudian mengubah namanya menjadi PT Excelcomindo Pratama. Investor asing itu dari NYNEX AS lewat anak usahanya, NYNEX dengan kepemilikan 23,1%, Mitsui Jepang dengan saham 4,2% dan Asia Infrastructure Fund Taiwan dengan saham sebesar 12,7%. Direncanakan NYNEX akan memberikan bantuan berupa dana sebesar US$ 800 juta dan bantuan dalam pembangunan jaringan, teknologi dan infrastruktur Excelcomindo. Selain pemegang saham asing, kemudian juga bergabung pemegang saham lokal seperti PT Santana Telekomindo sebesar 10%, Yayasan Tridaya sebesar 2,5% dan Yayasan Kartika Eka Paksi sebesar 7,5%.

Website resmi XL: www.xl.co.id

Informasi Seputar XL

PT. Hutchison 3 Indonesia (Tri)

Tri

Jaringan Tri dioperasikan PT Hutchison 3 Indonesia, yang 65% sahamnya dimiliki Hutchison Whampoa dan sisanya oleh Northstar Pacific. Meskipun lisensi 3G telah diperolehi pada tahun 2004 saat perusahaan tersebut masih bernama Cyber Access Communication, layanan 3G baru mulai diluncurkan pada 29 Maret 2007 dengan wilayah jangkauan terbatas untuk Jakarta. Pada tanggal 8 September 2008, Tri mempromosikan SMS gratis ke semua operator, semua orang. Pada tahun 2009 Tri menjadi salah satu sponsor tur Asia Manchester United, dan akhirnya djadikan salah satu sponsor resmi Manchester United.

Pada Februari 2013, Garibaldi Thohir bekerjasama dengan Northstar Pacific, perusahaan yang terafiliasi dengan TPG Capital, memborong 35% saham milik Charoen Pokphand Group di PT Hutchison CP Indonesia. Dengan adanya perubahan kepemilikan saham, PT Hutchison CP Telecommunications atau yang dikenal dengan merk Tri, berubah nama menjadi PT Hutchison 3 Indonesia.

Unit bisnis Hutchinson di Indonesia ini termasuk jajaran operator kecil. Saat ini Hutchison 3 Indonesia berada di posisi keempat sebagai operator terbesar berdasarkan jumlah pelanggan.

Website resmi 3 : www.tri.co.id

Informasi Seputar 3

Kesimpulan:

Itulah beberapa daftar operator seluler yang ada di Indonesia, untuk informasi lainya akan di update secara bertahap. Apa operator seluler yang kamu pakai? dan mana yang paling bagus menurutmu? jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ditanyakan mengenai layanan seluler di Indonesia.

Source: wikipedia


Related Posts

Posting Komentar