NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

Cara Mudah Ganti Meteran Listrik Token 2021

Cara Ganti Meteran Listrik

Meteran listik dibagi menjadi dua yaitu pascabayar dan token, kita bisa ganti meteran baik dari pascabayar ke token maupun sebaliknya.

Cara Ganti Meteran Listrik Pulsa Token

Seperti kita ketahui, sistem pembayaran pulsa token listrik sama halnya dengan pengisian pulsa pada nomor ponsel. Kita hanya perlu memberikan id meteran dan membeli nominal pulsa listrik sesuai yang kita inginkan.

Dari dua jenis meteran listrik tersebut sama-sama mempunyai keunggulan tersendiri. 

Keunggulan listrik pascabayar

Listrik pascabayar lebih disarankan untuk digunakan pada instalasi rumahan, karena selain bisa menghemat biaya pajak listrik juga membuat kamu tidak repot untuk isi token ketika listrik habis.

Kelebihan Listrik Token atau prabayar

Untuk meteran jenis Token atau prabayar lebih baik digunakan untuk bangunan seperti ruko, kontrakan, kos atau bangunan lain yang tidak selalu ditempati. Jadi selama bangunan kosong kamu bisa membiarkan token listrik habis, dengan begitu bisa menghemat biaya pajak listrik.

Syarat Ganti Meteran Listrik ke Pulsa Token 2021

Untuk dapat mengganti meteran listrik biasa ke token, pelanggan diwajibkan melengkapi beberapa berkas sebagai berikut ini:

1. Fotokopi KTP pemilik rumah atau tempat usaha sebanyak 2 lembar.
2. Fotokopi KTP pemohon 2 lembar.
3. Materai 2 lembar.
4. Surat kuasa pemilik rumah atau bangunan dengan disertai materai (untuk rumah atau bangunan yang dikontrakkan atau disewakan).
5. Surat Laik Operasi (SLO).

Cara mudah mengganti meteran listrik ke pulsa token 2021

Setelah syarat pengajuan penggantian meteran listrik diatas lengkap, sekarang waktunya untuk melakukan penggantian meteran pascabayar. Kamu diharuskan mendaftar secara online terlebih dahulu, setelah itu ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Hubungi Call Center PLN

Setelah melakukan pendaftaran online penggantian meteran listrik, lalu yang harus kamu lakukan adalah menghubungi nomor call center PLN dengan melakukan panggilan ke 123. Kamu akan mendapatkan nomor ID Pelanggan, registrasi dan ditanyai apakah Inging sekaligus menaikan daya atau tidak.

kontak PLN

Contact center PLN : 123
Telepon PLN : (kode area) 123
Email PLN : pln123@pln.co.id
Facebook PLN : @cc123pln
Twitter PLN : @pln_123
Website PLN : https://web.pln.co.id/

2. Kunjungi Kantor PLN Terdekat

Setelah proses pengajuan selesai tahap selanjutnya adalah kamu diharuskan menuju ke kantor PLN Terdekat didaerahmu. Setelah sampai di kantor sampaikan maksud kedatangan kamu serta serahkan dokumen lengkap penggantian meteran yang sudah disiapkan.

3. Membayar Biaya Penggantian Meteran Listrik Pulsa Token.

Untuk biaya penggantian bisa ditanyakan pada petugas, kamu akan diberikan rincian lengkap ganti meteran token listrik 2021. Setelah itu bayar biayanya dalam jangka waktu kurang dari 39hari setelah pendaftaran di PLN.

4. Proses Penggantian Meteran Listrik ke Pulsa Token

Setelah semua proses syarat dan biaya  selesai dilakukan, kamu tinggal menunggu petugas PLN datang untuk melakukan penggantian meteran token. Biasanya petugas akan datang dan melakukan proses survei lokasi dan untuk proses penggantiannya memerlukan waktu sekitar 7 sampai 15 hari kerja.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mudah untuk proses penggantian meteran bisa menjadi meteran listri token 2021. Caranya cukup mudah bukan? jangan lupa lengkapi semua berkas ganti meteran pulsa listrik yang dibutuhkan untuk dibawa ke kantor PLN ya.


Related Posts

Posting Komentar