NVQj910czLPcwTJMLbQuHp6gW0FspGm7y0kyhjv7

Windows 11: Kelebihan, Kekurangan, Harga dan Tampilanya

Windows 11 Kelebihan, Kekurangan, Harga dan Tampilanya

Di tahun 2021 ini sangat viral berita tentang kemunculan windows versi terbaru yaitu Windows 11. Sebelum menggantinya alangkah lebih baik ketahui dulu kelebihan windows 11 dan kekurangan Windows 11.

Windows 11 Kelebihan dan Kekurangannya

Berita tentang hadirnya windows 11 sudah sangat trending sejak tahun 2020, banyak sekali youtuber yang membuat video review windows 11. 

Setelah lima tahun sejak kemunculan windows 10, bagi pengguna yang selalu ingin update operasi sistem yang terbaru pasti akan tertarik dan mencoba windows 11. Karena menurut dari beberapa review disebutkan bahwa windows 11 mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya yaitu windows10.

Windows 11 dikabarkan akan rilis pada akhir juni tahun 2021, yuk simak inilah beberapa poin penting jika kamu ingin menggunakan windows11 versi terbaru.

Kelebihan Windows 11

Sebagai sistem operasi (Operating System) terbaru tentunya terdapat beberapa kelebihan dibanding windows versi sebelumnya. Inilah beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui:

1.  Modern User Interface dan Blending Desktop Windows 11

Fitur Modern user interface dan blending dekstop sangat bagus, kenapa bisa begitu? Karena dengan fitur tersebut dapat memungkinkan penggunanya untuk mengakses aplikasi yang dirancang berbasis UI(User interface) pada dekstop. Aplikasi berbasis UI adalah sebuah aplikasi yang didesain khusus menggunakan konsep desain visual, interaksi dan infrastruktur informasi dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan untuk penggunanya. 

Sebenarnya fitur ini sudah ada pada windows 8.1 namun kabarnya akan dilakukan pengembangan pada Windows 11. 

2. Deeper Integration with Bing

Telah menjadi rahasia umum jika Microsoft telah lama bekerjasama dengan Bing. Kecanggihan Fitur Deeper Integration with Bing dikabarkan akan diteruskan pada generasi windows 11. Inovasi serta penyempurnaan teknologi ini diharapkan bisa meningkatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

3. Exquisite Start Button pada Windows 11

Fitur Esquisite Start Button sebenarnya telah ada pada Windows 8, namun mengalami kontroversi karena fitur tersebut dihilangkan. Nah untuk Windows 11 ini, fitur tersebut kabarnya akan dimunculkan kembali. Tentunya fitur tersebut telah mengalami peningkatan dari versi sebelumnya.

4. Advance Power Management pada Windows 11

Fitur keren ini sudah ada pada windows versi sebelumnya, nah untuk versi Windows 11 tentunya akan mengalami peningkatan. Menurut review, Advance power management pada Windows 11 akan terlihat lebih keren dan bagus serta dapat memudahkan dalam penggunaan windows.

5. Cortana Windows 11

Pada windows 11 akan fitur Cortana untuk menandingi kompetitornya yaitu siri produk dari Google. Fitur ini dikabarkan lebih interaktif yang dapat mengakses aplikasi, data, file dan berbagai informasi lainnya. Dengan fitur Cortana windows 11 kita hanya memerlukan suara untuk penggunanya, cukup praktis dan keren bukan? 

6. Continuum di Windows 11

Fitur Continuum sudah di demonstrasikan pada awal Januari 2019 lalu. Fitur tersebut dirancang agar dapat beradaptasi dengan windows dengan semua peralatan yang bekerja didalamnya. Sebagai contoh bisa kita lihat pada Surface Pro 3, saat terhubung ke tampilang keyboard fungsi dari tablet tersebut seperti laptop. Dan ketika tampilan keyboard dilepas akan muncul ikon kecil dilayar sebelah kanan bawah. Ikon tersebut berguna untuk mengaktifkan mode tablet atau tidak.

7. Fitur Integrasi Xbox dengan Windows 11

Fitur ini telah ada pada windows versi sebelumnya, dan pada Windows 11 fitur ini dikabarkan akan tetap ada tentunya dengan versi yang terbaru dengan tampilan yang lebih keren. Dengan integrasi Xbox Windows 11, pengguna bisa dengan mudah merekam tampilan game melalui alat-alat Game DVR serta dapat membagikannya melalui jaringan Xbox dengan mudah.

Bahkan menurut review, Windows 11 akan mentransfer otomatis ke Xbox One untuk game pada Windows 11. Serta pengguna dapat menyiarkan game Xbox One ke perangkat windows 11 lainnya dengan menggunakan Wi-Fi.

8. Browser Spartan Windows 11

Seperti kita ketahui untuk versi sebelumnya windows menggunakan Internet Explorer (IE) sebagai browser bawaan Windows. Tampaknya untuk bersaing dengan kompetitornya seperti chrome dari Google, Windows 11 memunculkan Spartan sebagai browser kedua setelah Internet Explorer. Seperti apakah keunggulan dari browser ini? Tentunya akan mempunyai fitur yang lebih bagus dan keren dari browser sebelumnya.

9. Integration with Azure for Cloud Storage

Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi sebagai penyimpanan data melalui Azure Cloud Storage. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pengguna mengintegrasikan bagian dari windows 11 kedalam penyimpanan data, file kedalam storage tersebut.

Kekurangan Windows 11

Yang sebelumnya dikabarkan menurut beberapa review, windows 11 hanya tersedia pada sistem operasi 64 bit saja. Hal ini memang sudah menjadi perbincangan sejak 6 tahun yang lalu. Dimana perkembangan komputer mengalami peningkatan yang cukup pesat, jadi diharapkan semua komputer versi terbaru support dengan sistem operasi 64 bit. 

Namun ternyata windows 11 tersedia untuk sistem operasi 32 bit, jadi jangan khawatir jika spesifikasi komputer kamu menengah kebawah masih bisa menikmati windows 11 32 bit.

Versi Windows 11

Menurut beberapa review, windows 11 akan tersedia dalam 6 versi. Inilah beberapa versi yang tersedia untuk Windows 11:

1. Windows 11 Home

Windows ini dirancang untuk kebutuhan rumahan atau perorangan.

2. Windows 11 Profesional

Windows ini dirancang untuk usaha sekala kecil

3. Windows 11 Education

Windows ini dirancang untuk digunakan di sekolah oleh guru, siswa, staf, dan administrasi. Windows 11 menyediakan lisensi dalam bentuk VL(Volume License)

4. Windows 11 Enterprise

Windows ini biasanya digunakan oleh perusahaan menengah keatas. Windows 11 Enterprise menyediakan lisensi dalam bentuk VL(Volume License)

5. Windows 11 Mobile

Windows 11 juga menyediakan sistem operasi untuk Mobile, bisa digunakan untuk Windows phone dan tablet.

6. Windows 11 Mobile Enterprise

Seperti Windows 11 Enterprise, pada mobile biasanya juga digunakan untuk perusahaan menengah keatas. Dengan IoT yang dapat diperoleh dibawah lisensi OEM.

Harga Windows 11

Apakah harga windows 11 mahal? Microsoft untuk saat ini belum memberikan informasi yang jelas mengenai berapa harga untuk sistem operasi windows 11. Namun banyak pengguna yang berharap mendapat pembaharuan fitur yang gratis, seperti pada windows sebelumnya yaitu windows 10. Namun mungkin lain ceritanya dengan windows 11 karena ini merupakan versi terbaru dan terupdate. Sebagai gambaran kita bisa melihat dari harga windows 10 berikut ini, mungkin harganya tidak jauh berbeda dengan windows 11.

Harga menurut kurs 1$ = Rp. 14.382 (18 Juni 2021)
Windows 10 Home - Rp. 1.999.098,-
Windows 10 Pro - Rp. 2.862.018,- 
Windows 10 Pro for Workstations – Rp. 4.444.038,-

Tampilan Windows 11

Inilah bocoran tampilan windows 11 yang akan rilis pada akhir Juni 2021. Seperti diketahui bahwa Microsoft telah merilis Windows 11 secara online, dan tampilannya pun sudah banyak sekali tersebar secara online. Tampilannya lengkap dengan interface untuk pengguna baru, menu start button, wallpapers Windows 11, dan masih banyak lagi lainnya. 

Tampilan interface pada Windows 11 hampir mirip dengan pendahulunya yaitu pada Windows 10x. Untuk perubahan terbesar terdapat pada menu taskbar, memusatkan ikon aplikasi, membersihkan tray area serta memberikan tombol start dan menu yang baru.

Untuk ikon standar menu start berada di tengah bagian bawah, namun bisa juga dirubah keposisi kiri bawah seperti pada windows 10. Terdapat juga mode gelap (dark mode) yang lebih terlihat halus.
Inilah beberapa tampilan Windows 11:

Tampilan windows 11

Tampilan windows 11

Tampilan windows 11

windows 11

windows 11

windows 11

windows 11

windows 11 32 bit

windows 11 64 bit

windows 11


Windows 11 system Requirements

Untuk persyaratan sistem minimum windows 11 mungkin sama atau mirip dengan Windows 10. Microsoft diharapkan dapat memberikan peningkatan gratis untuk produk generasi selanjutnya. Dimana dijadikan windows 11 akan rilis pada tanggal 24 Juni 2021. Menurut dari beberapa sumber penggunga windows 8.1 dan Windows 10 akan mendapatkan peningkatan ke Windows 11. Dan untuk Windows 11 system Requirements kabarnya seperti standard persyaratan dari windows 10 berikut ini:
  • 1 GHz Processor.
  • 1 GB RAM untuk sistem operasi 32-bit.
  • 2GB RAM sistem operasi 64-bit.
  • Penyimpanan Harddisk 16 GB sistem operasi 32-bit.
  • Penyimpanan Harddisk 20 GB sistem operasi 64-bit.
  • DirectX 9 atau yang lebih baru dengan tipe penyimpanan WDDM 1.0.
  • Dimensi Layar 800 x 600.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai informasi tentang windows 11 bisa anda kunjungi website resminya di www.microsoft.com

Itulah beberapa review lengkap windows11, kelebihan Windows 11 serta kelemahan windows 12. Dan beberapa fitur Windows 11 yang tidak ada dari pendahulunya. Untuk informasi lainya akan selalu di-update, jadi selalu simak ya berita terbarunya.


Related Posts

Posting Komentar